Langsung ke konten utama

Kuliah Kerja Nyata

Anyway ga kerasa juga ternyata gw kuliah  udah semester 6, kadang ngerasa bosan dengan ritual dan kebiasaan untuk menuntut ilmu secara formal atau yang disebut “sekolah” gila juga udah hampir 16 tahun menjadi status pelajar/mahasiswa. ya kan di KTP gw masih kayak gitu statusnya..

sekarang udah mulai bosan sama yang namanya belajar secara resmi di kelas, ga tau kenapa sekarang gw lebih suka dapat ilmu yang asalnya dari praktik langsung dari apa yang kita lakukan daripada ilmu yang asalnya dari buku atau ceramah dosen, ga di pungkiri memang dosen membantu kita untuk mendapatkan ilmu2 yang belum kita dapatkan di dunia luar yang telah sebelumnya mereka ketahui. Ini hanya masalah waktu, kenapa dosen yang mengajarkan kita bukan kita yang mengajarkan mereka?? Ya, karena mereka lebih dahulu mendapatkan ilmu yang belum kita dapatkan saat ini. Itu aja sebenernya.

Dan kenapa gw cenderung lebih suka praktik langsung daripada teori, mungkin ini semua berasal dari kegiatan gw selama 3 tahun terakhir dan dalam 3 tahun ini gw udah mulai mencoba dunia yang lebih nyata dibandingkan duduk di bangku perkuliahan, ya emang sih belum seberapa.. tapi ya alhamdulillah banget gw dapet ilmu dari kemaren2 gw parttime/ bekerja selama liburan.

Darisitu gw tau banyak tentang bagaimana dunia kerja yang sebenarnya, sekarang gini buat apa sih emang lo kuliah lama-lama 4 tahun? Selain mendapatkan gelar yang lo mau, Kan intinya Cuma ingin suatu saat nanti lo mendapatkan pekerjaan yang lebih baik saja bukan? Lebih baik dibandingkan dengan orang2 lulusan SMA/sederajat. Tapi ga tau kenapa setelah gw melihat berita dan baca2 artikel katanya lulusan S1 beberapa tahun kedepan diramalkan akan melonjak berkali-kali lipat dibandingkan dengan sekarang sedangkan pertumbuhan penduduk yang masih sama seperti sebelumnya. Kepikiran gak lo? Kalo aja misalnya nanti di tahun2 kedepan banyak banget orang2 lulusan S1 dan berebut mencari pekerjaan yang lebih layak. jadi apa bedanya dengan lulusan SMA untuk masa ini? Jadi sama saja bukan, dulu lulusan SMA aja udah bagus banget, lah sekarang orang2 mengejar untuk gelar S1 supaya dibilang hebat, jago, keren, terus tiba2 beberapa tahun kemudian semua orang di dunia ini sudah mempunyai gelar sarjana dan mengejar S2 untuk mencari dan menjadi pekerja yang lebih baik lagi. Dan begitu seterusnya..

Ah rasanya pengen jadi yang beda dari kesamaan-kesamaan itu, dulu waktu baru lulus SMK gw sempet kerja di Adm keuangan sebuah perusahaan, disana gw sedikitnya tau bagaimana input data yang akan diolah menjadi laopran keuangan, yah tapi itu ga seberapa gw belom dapet apa2 disana karena selang beberapa waktu gw mulai kuliah. Lalu sekitaran tahun 2011 gw mencoba tuk bekerja di sebuah tempat rekreasi walaupun Cuma sebagai kasir, jujur aja ya hasilnya bagi gw lumayan untuk seorang mahasiswa baru yang seharusnya ga punya penghasilan. Dari tempat itu gw tau banyak hal, kayak kerja dari bawah gitu input transaksi uang secara langsung pake mesin kasir, disiplin dalam dunia kerja, mental yang digodok buat lo menjadi kuat dan bertahan dalam dunia kerja yang sedang lo jalani, Keramah tamahan yang berpengaruh langsung buat lo dan sekeliling dunia kerja lo. Manajemen waktu dan operasional suatu usaha sehingga berjalan sejalan dengan tujuan perusahaan itu.

Berlanjut di tahun 2012 waktu liburan uas gw bekerja di sebuah restoran yang bener2 baru buka dan mulai dari nol. Disana gw tau gimana cara perekrutan karyawan, masa-masa training, sifat2 karyawan yang beda2, begitu juga dengan customer. Disitu awalnya gw melamar sebagai waitress karena pada saat itu cuma posisi itu aja yang ada. Yah tau sendiri lah gimana kerjaan waitress, harus ramah, cakap penampilan dan tutur bahasa, efisien dlm bekerja, dll. Selang berapa waktu gw mengajukan diri untuk menjadi kasir lagi, selain gw pernah jadi kasir, saat itu juga ga ada orang yang kayaknya cocok buat posisi itu. Ya jadilah gw sebagai kasir restourant. Hah, dari bawah banget emang, ya tapi itu enaknya. Hampir tiap hari pegang uang berbelas-belas juta dan gimana caranya nyatet pengeluaran dan pendapatan. Karena waktu itu belum ada orang-orang accounting jadi kasirlah yang menangani itu semua tentu dibantu manajer dan spv nya, disitu gw bisa mengaplikasikan apa-apa teori yang gw dapatkan di kampus, nyatet semua transaksi yang ada, meminimalisasi beban-beban dan pengeluaran untuk menghasilkan laba yang signifikan. Dari situ juga gw bisa sekalian belajar mengolah makanan dan minuman sehingga layak untuk dijual. Yang paling nyangkut di otak gw sih, ya tentang mesin kasir itu, raptor namanya. Dari kedua tempat itu, gw banyak tau tentang raptor, ya ini mungkin gara2 gw orangnya sedikit kepo dan pengen tau jadi semua hal gw pengen tau pasti gw tanyain dari orang2 ahli nya. Seperti raptor aja gw tanya detail banget.

Sebenernya ga salah juga, dan bersyukur banget karena gw sedang menjalani perkuliahan ini, dan ga akan pernah nyesel akan kampus ini. Ya walaupun kampus gw ga terlalu besar dan bagus, dan terletak di daerah yang termasuk tidak populer, tapi kampus gw itu negeri loh, udah gitu SPP nya murah lagi dan fasilitasnya cukup memadai , untung gw masuk sini dan untung gw masuk tahun 2010 coba aja bandingin dengan kampus lain, apalagi bandingin dengan kampus swasta yang punya nama masyalloh jauh banget bayaran SPP nya bisa 7x lipat dibandingin dgn SPP gw, temen2 gw banyak tuh disana. Yang penting sih bukan tempat dan fasilitas yang lo temui dikampus itu, melainkan niat lo kuliah nya yang bagus apa engga, percuma aja kalo lo kuliah di tempat yang mahal tapi lo sia-siain gitu aja kuliah lo. Mending lo kuliah ditempat yang biasa aja tapi lo niat banget sama kuliah lo, dan manfaatin yang bisa dimanfaatin selama lo di kampus.

Alhamdulillah yah akhir-akhir ini gw udah ga pernah minta uang sama orangtua gw, asal muasal uangnya sih ya dari itu.. kerjaan-kerjaan gw selama liburan dan parttime selain itu juga bersyukur banget gw dapet beasiswa dari kampus jadi selama gw kuliah kalo diitung2 untuk saat ini sih ya justru gw mendapatkan uang bukannya malah mengeluarkan uang, dari beasiswa gw kemaren gw sedikit sisihin buat buka usaha warung kecil-kecilan lumayan berjalan lancar dan lumayan menghasilkan, jadi dari situ lah kehidupan keuangan gw selama beberapa tahun terakhir ya diwarung ini gw sedikitnya belajar lagi dari kenyataan, sempet ngerasain juga tuh gimana rasanya saat harga barang-barang tertentu mengalami kenaikan dan berimbas langsung dengan pendapatan warung gw, nyesek tapi harus muter otak gimana cara nyiasatinnya. Kadang pusing sendiri tapi ya sebisa mungkin bagi waktu yang bener buat kuliah, buat isi dompet, buat keluarga, buat temen2, buat pacar, dan buat masa depan yang lebih cerah.

Lagi-lagi gw harus bilang emang masa depan kan ga ada yang tau, Cuma tuhan yang tau, balik lagi semua itu udah ada yang ngatur, dan semua itu kita mohon dan pinta ya sama yang ESA Tuhan yang maha kuasa, ALLAH swt. Disamping doa pastinya butuh usaha yang ga ga sekedar usaha dan butuh keyakinan untuk mencapai apa yang ingin lo capai, yang lo inginkan. Ini berlaku untuk semua aspek kehidupan. Sering-sering bersyukur dan ga pantang nyerah itu kunci dari makna kehidupan ini.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara buat keripik aceh

Cara Buat Keripik Aceh atau Keripik Bawang Keju  - Keripik Aceh atau sering disebut juga dengan Keripik Bawang Keju adalah makanan yang sangat cocok untuk hidangan lebaran. Karena pembuatannya yang relatif mudah dan banyak peminatnya. Keripik Bawang Keju ini sangat cocok apabila untuk lauk makan bakso dan juga bisa untuk camilan sehari hari. Resep Keripik Bawang Keju Berikut akan saya berikan cara pembuatannya, cekidot :D Bahan-bahan utama Keripik Bawang Keju: 250 gram tepung terigu 50 gram tepung kanji 1/4 sdt soda kue 50 ml minyak goreng 1 butir telur 25 ml air 100 gram keju parut Bumbu: 10 butir bawang merah 1/2 sdt merica 1 sdt garam Cara membuat Keripik Bawang Keju: - Ayak tepung terigu, tepung kanji, soda kue hingga yang tersisa tepung yang halus kemudian sisihkan. - Aduk minyak goreng, telur, air sampai rata. - Tuang campuran minyak ke dalam campuran tepung kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan -beserta keju. - Aduk rata. Diam

Wisata Pantai Jambu - Anyer

Mumpung ada kuota mau posting sesuatu nih, buat kalian yang merasa penat dengan kesibukan sehari-hari yang monoton dan butuh refreshing atau penghilang penat ini nih gw punya tempat wisata yg recomended banget, disini gw kasih liat gimana perjalanan gw menuju Pantai Jambu - Anyer 11 Mei 2013.  dimana sih Pantai Jambu? baru denger kan namanya.. gw jelasin aja yah, kalo dari Jakarta (Kalideres) buat yg naik motor ambil arah Tangerang lalu arah Serang nah dari serang menuju cilegon lalu anyer, yg naik mobil Pribadi bisa lewat Tol Jakarta-Merak keluar tol Serang Barat, bagi yg naik transportasi umum bisa naik bus dari kalideres menuju Merak, nama busnya Murni (merah) ongkos sekitar Rp 15.000/org, Asli (hijau) ongkos sama kyk asli , atau Arimbi (AC, kuning) ongkosnya Rp 18.000/org dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam keluar tol Serang barat. terus dari tol serang barat yg naik mobil pribadi bisa langsung menuju Ramayana Mall Cilegon, yg naik angkot umum jg sama turun di Ramayana